Kelebihan Ekspedisi Ke Jambi Menggunakan Jalur Darat

 

Alasan utama mengapa masyarakat Indonesia lebih memilih menggunakan jasa Ekspedisi Sumatera via jalur darat yaitu lebih aman. Selain itu tarifnya juga terbilang lebih murah tidak sampai jutaan rupiah dibandingkan menggunakan jalur udara. Biasanya armada yang digunakan pada pengiriman menggunakan jalur darat ini berupa truk seperti CDD, Tailer dan wingbox.

Kelebihan Menggunakan Jasa Pengiriman Via Jalur Darat

Saat ini para pebisnis online lebih menyukai mengirimkan barang dagangannya kepada konsumen di wilayah Jambi menggunakan jalur darat. Hal itu lantaran banyak sekali kelebihan yang bisa diperoleh seperti berikut ini.

  1. Muatan Yang Diangkut Lebih Beragam

Tidak seperti jalur udara di mana pengiriman barang dibatasi oleh berat dan ukuran. Pada ekspedisi jalur darat Anda tidak perlu khawatir lagi akan ukuran dan muatan barang yang ingin dikirimkan. Pasalnya semua barang baik yang ukurannya kecil maupun besar bisa diangkut menggunakan truk. Umumnya  jenis barang berupa elektronik, alat berat dan kendaraan Armada yang digunakan untuk mengangkutnya berupa pick up.

  1. Harga Ramah Dikantong

Untuk Anda yang ingin menghemat budget bisa memilih menggunakan ekspedisi jalur darat. Hal itu dikarenakan biaya operasional barang yang perlu dikeluarkan tidak sebesar ketika menggunakan pengiriman dengan transportasi udara maupun laut. Selain itu resiko terjadi barang rusak sangatlah kecil pasalnya kegiatan bongkar muat tidak terlalu banyak seperti ketika menggunakan ekspedisi via udara dan laut.

  1. Prosedurnya Tidak Begitu Rumit

Diantara jenis pengiriman lainnya ekspedisi jalur darat bisa dibilang paling mudah. Pasalnya dokumen yang harus dipenuhi tidak serumit ketika menggunakan jalur laut dan udara. Adapun dokumen yang harus disiapkan seperti invoice dan surat jalan. Sedangkan untuk pengiriman menggunakan jalur laut Anda mau tidak mau harus memiliki Bill Of Landing. Selain itu ekspedisi Jalur laut juga membutuhkan Surat Muatan Udara dan Air Way Bill.

  1. Kegiatan Transit Lebih Minim

Memang benar di dalam pengiriman menggunakan jalur darat masih ada proses transitnya. Namun jumlahnya cenderung lebih kecil dengan begitu risiko akan barang hilang selama perjalanan semakin sedikit. Hal itu dikarenakan tidak adanya aktivitas bongkar muat dalam jumlah yang banyak.

Kekurangan Pengiriman Barang Via Jalur Darat

Meskipun memiliki banyak kelebihan namun faktanya pengiriman dengan jalur darat juga ada beberapa kekurangannya yang wajib Anda ketahui. Adapun kekurangan yang dimaksud seperti berikut ini.

  1. Pengiriman Terasa Lebih Lama

Meskipun tidak selalu memakan waktu yang lama. Namun umumnya proses pengiriman barang menggunakan jalur darat bisa memakan waktu hingga 3 hari. Hal itu biasanya disebabkan karena kondisi lalu lintas dan infrastruktur yang kurang bagus misalnya jalan yang dilewati sedang rusak atau ada perbaikan. Dengan begitu ekspedisi jenis ini sangat direkomendasikan bagi yang mengirimkan barang namun tidak mudah rusak seperti produk terbuat dari besi.

  1. Kondisi Cuaca Yang Tidak Bisa Diprediksi

Kekurangan selanjutnya dari menggunakan jasa pengiriman ekspedisi via jalur darat yaitu sulit untuk menghindari dari berbagai macam faktor alam misalnya hujan. Tentunya ketika musim hujan datang membuat jalan-jalan menjadi kurang layak untuk digunakan sehingga menimbulkan resiko pengiriman paket menjadi terlambat.

Demikianlah pembahasan singkat tentang kelebihan dan kekurangan ekspedisi ke Jambi menggunakan jalur darat yang bisa dijadikan bahan pertimbangan ketika hendak memakainya. Namun agar resiko keterlambatan bisa diminimalisir pastikan telah memilih jasa ekspedisi yang terpercaya dan sudah banyak digunakan oleh orang.