Contoh barang Komplementer

Contoh barang komplementer-Setiap orang tentunya membutuhkan alat pemuas untuk kebutuhan supaya bertahan hidup. Berdasarkan sifatnya, ada beberapa jenis barang yang dibutuhkan manusia. Yaitu barang barang primer seperti sandang, pangan  papan.

Setelah kebutuhan primer tercukupi, manusia memerlukan kebutuhan lainnya yakni kebutuhan sekunder. diantaranya pendidikan, kendaraan. Setelah dua kebutuhan ini terpenuhi, manusia masih memerlukan kebutuhan lainya misalnya kebutuhan tersier. Contohnya butuh liburan, perhiasan, barang barang mewah.

Barang Subtitusi dan Komplementer

Dilansir dari laman web Yuksinau.id, Barang barang untuk memenuhi kebutuhan manusia ada barang substitusi dan komplementer. Barang substitusi sederhananya adalah barang yang bisa digantikan dengan barang lain. Misalnya beras diganti jagung, kopi diganti teh dan lain lain. Barang substitusi intinya adalah jika barang satu tidak ada, bisa digantikan alternatifnya yang fungsinya hampir sama.

Kemudian ada juga barang komplementer, ini yang akan kita bahas. Singkatnya, barang komplementer adalah barang yang akan berfungsi dengan baik untuk memenuhi kebutuhan manusia jika dipasangkan dengan barang lainya.

Nah berikut ini akan dibahas tentang mengenai barang komplementer, dan ciri cirinya.

Pengertian Barang Komplementer

Barang komplementer merupakan barang yang akan berfungsi jika dilengkapi barang lain. Dengan kata lain  dua barang yang saling melengkapi. Maka disebut sebagai barang komplementer, saat produk A dan produk B punya ketergantungan satu dengan yang lain.  Keduanya sama sama dibutuhkan.

Dari sisi permintaan, produk atau barang komplementer ini akan mempengaruhi adanya permintaan produk satu sama lain di pasar. Hal ini karena barang itu hanya akan berfungsi jika berpasangan. Jadi konsumen akan membeli dua barang komplementer.

Kalau salah satu barang tidak ada, maka barang lainya tak bisa berfungsi sama sekali atau minimal terjadi penurunan fungsi.

Ciri-Ciri Barang Komplementer

Berikut ini ciri ciri barang komplementer

1. Dua barang yang berpasangan

Ciri ciri barang komplementer adalah dua barabg berpasangan saling melengkapi secara fungsi. Jika salah satunya tidak ada fungsi barang lainya tidak optimal. Contoh sikat gigi dengan odol.

2. Salah satu barang komplementer nilainya lebih kecil

Ciri ciri barang komplementer kedua adalah salah satu barang nilainya lebih kecil dibanding lainya. Dan jika kedua barang yang merupakan barang komplementer dipasangkan, maka fungsinya akan meningkat.

3. Barang tidak bisa berfungsi sendiri

Ciri ciri barang komplementer lainya yaitu barang tak bisa berfungsi sendiri meskipun masih bisa digunakan. Misalnya TV dengan remote. TV tanpa remote masih bisa digunakan, tapi jadi kurang praktis.

Contoh Barang Komplementer

Berikut ini selengkapnya contoh barang komplementer :

1. Contoh barang komplementer Pulpen dan tinta

Keduanya merupakan barang komplementer.  Tinta dibutuhkan guna mengisi pulen agar bisa dipakai untuk menulis. Juga sebaliknya, tinta tanpa pulpen tak bisa dipakai untuk menulis.

2. Contoh barang komplementer  Jam dan baterainya

Ini juga adalah barang komplementer. Jam merupakan barang utama, sedangkan baterai barang pelengkap. Keduanya harus dipasangkan. Jam tak bisa berfungsi tanpa baterai dan baterai jam menjadi tak bermanfaat jika tak ada barang lain seperti jam.

3. Contoh barang komplementer Mobil dan Bensin

Berikutnya ada mobil dan bensin. Ini juga merupakan barang komplementer. Mobil tak jalan tanpa bensin. Juga sebaliknya bensin tak berguna tanpa mobil/barang utama.

Nah itulah tadi contoh barang komplementer, ciri ciri, penjelasan dan contohnya. Cukup mudah dipahami bukan? semoga bermanfaat.