Mudah dan Berhasil! Berikut Cara Membuat Ayam Bakar yang Enak dan Meresap

Daging ayam bisa diolah menjadi berbagai macam menu makanan yang lezat disantap. Salah satunya adalah ayam bakar yang menyajikan berbagai macam bumbu seperti gurih, manis, dan pedas. Menu ini bisa menjadi menu andalan rumah. Kamu bisa membuat ayam bakar berbumbu rujak seperti di bawah ini.

Bahan-bahan yang Perlu Dipersiapkan

Bahan-bahan yang wajib dipersiapkan untuk membuat ayam bakar yaitu 1 kg ayam yang dipotong sesuai dengan selera, 2 sendok makan air asam jawa, 2 sendok makan gula merah serut, 1 sendok teh garam, 1 batang serai geprek, 2 lembar daun jeruk, dan 1 lembar daun salam.

Bahan-bahan untuk Bumbu Halus

Untuk membuat bumbu halus, ada beberapa bahan yang juga perlu disiapkan. Bahan-bahannya yaitu 5 cabe merah besar buang bijinya 5 cabai rawit (optional), 1 sendok teh ketumbar, 4 siung bawang putih, 3 cm lengkuas muda, 3 butir kemiri, 1/2 sendok teh merica, 3 cm jahe, dan 7 butir bawang merah.

Cara Mudah Membuat Ayam Bakar Madu

Pertama-tama, haluskan bumbu serta sedikit minyak dan tumis bersama daun jeruk, serai, dan salam sampai harus. Lalu, masukkan santan, garam, gula merah, dan air asam jawa. Setelah itu, aduk rata dan masukkan ayam. Kemudian ungkep ayam sampa santannya menyusut. Terakhir, bakar ayam dengan membolak-balik.

Demikian mengenai cara membuat ayam bakar yang enak dan meresap dan bahan-bahan apa saja yang perlu dipersiapkan. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah di atas dengan mudah di rumah. Selain mendapatkan kelezatannya, kamu juga mendapatkan kemampuan memasak yang lebih baik.